Oleh: Mohammad Hasyim*

Bismillahirrahmanirrahim

Amalan yang paling dianjurkan oleh Allah SWT, selain ibadah, adalah sedekah. Dan amalan yang akan tetap mengalir pahalanya meskipun sudah meninggal dinamakan sedekah jariyah.

       Secara lebih luas amalan jariyah dapat dikelompokkan ke dalam 10 jenis sedekah jariyah yang merupakan ladang meraup pahala:[1]

1.          Membangun Masjid

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW:  “Barangsiapa yang membangun masjid demi mencari wajah Allah, niscaya Allah bangunkan rumah baginya di surga.”

Artinya membangun masjid atau mendermakan tanah wakaf untuk dibangunkan masjid akan menjadi ladang pahala bagi Anda meskipun kelak Anda sudah meninggal dunia.

2.          Menggali Sumur

Meskipun terlihat sepele, namun siapa sangka bahwa mengali sumur menjadi amalan yang termasuk ke dalam sedekah jariyah, sebagaigama Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang menggali sumur, (kemudian) tidaklah setiap yang memiliki ruh, baik dari kalangan manusia, jin, dan burung yang minum dari sumur tersebut, melainkan Allah (pasti) akan membalasnya kelak di hari Kiamat.”

3.          Mencetak Buku Bermanfaat

Mencetak buku yang bermanfaat terutama yang berhubungan dengan ilmu agama dan ajaran kebaikan menjadi salah satu jenis sedekah jariyah. Ilmu yang ada di dalam buku akan memberikan pahala yang mengalir kepada pembuatnya.

4.          Membangun Rumah Ibnu Sabil

Ibnu Sabil atau lebih dikenal sebagai musafir banyak ditemui pada masa Rasulullah. Karena itu membangun rumah bagi para musafir termasuk ke dalam sedekah jariyah yang amalannya tidak akan terputus.

5.          Sedekah Secara Ikhlas

Sedekah atau memberikan sebagian harta secara ikhlas juga merupakan  salah satu jenis sedekah jaryiah, sebagaimana firman Allah SWT: ”Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai tumbuh seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah ayat 261).

6.          Ilmu yang Diajarkan

Selain buku yang bermanfaat, ilmu yang bermanfaat yang diajarkan kepada orang lain juga akan menjadi amalan dan sedekah jariyah bagi yang mengajarkannya. Sebab ilmu yang bermanfaat akan senantiasa membawa seseorang menuju jalan kebaikan.

7.          Mushaf Qur’an yang Diwariskan

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya termasuk amalan dan kebaikan orang mukmin yang masih mengalir pasca kematiannya adalah ilmu yang diajarkan dan disebarkannya, atau anak shalih yang ditinggalkannya, atau mushhaf al-Qur`an yang diwariskannya, atau masjid yang dibangunnya, atau rumah singgah bagi para musafir yang dibangunnya, atau sungai yang dialirkannya, atau sedekah yang dkeluarkan dari hartanya saat sehatnya dan di masa hidupnya, (semua itu) masih mengalir kepadanya pasca kematiannya.” (HR. Ibnu Majah; Shahih at-Targhib).

8.          Mendirikan Panti Asuhan

Dalam Al-Quran tercacat sebanyak 32 kali mengenai anak yatim disebut. Tentunya ini merupakan berkah bagi mereka dan sekaligus menjadi ladang amal bagi umat Islam. Sebab dalam Islam anak yatim memiliki derajat utama dan harus diperhatikan.

9.          Memberi Air Minum

Berdasarkan sabda Rasullullah SAW: “Sebaik-baik sedekah adalah memberi air minum.” (HR. Muslim).

10.Membuat Majelis Dzikir

Membuat Majelis Dzikir menjadi salah satu jenis amal jariyah yang pahalanya akan mengalir. Sebab semua kegiatan yang dilakukan dalam majelis dzikir merupakan kegiatan yang berlandaskan ajaran agama islam. Maka sudah pasti terkandung nilai, kebaikan dan kebajikan yang mendatangkan pahala bagi para pelakunya.***

*Penulis adalah Humas DKM Baitul Izzah

[1] https://dalamislam.com/landasan-agama/jenis-sedekah-jariah

 

MOHON DO’A 

& DUKUNGANNYA

DEWAN KEMAKMURAN MASJID

BAITUL IZZAH

Sedang Berikhtiar Memperluas Bangunan Masjid agar Lebih Lapang, Nyaman dan Representatif

BANTUAN DAPAT DISALURKAN KE

BANK SYARIAH MANDIRI

NO REK 7130906383

A/N PROYEK PENGEMBANGAN MBI