Oleh: Mohammad Hasyim*
Bismillahirrahmanirrahim

Hari Jum’at adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Allah Subhanahu Wa Taala menyediakan banyak keutamaan dan pahala yang berlipat ganda pada hari Jum’at, juga limpahan ampunan dan pengabulan doa.

Diriwayatkan dari Aus bin Aus al-Tsaqafi Radhiyallahu 'Anhu, dia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

Siapa yang mandi dan mencuci kepalanya di hari Jum’at, lalu bersegera ke masjid dan mendapati awal khutbah, berjalan kaki dan tidak naik kendaraan, mendekat ke imam lalu menyimak khutbahnya dan tidak sibuk sendiri; maka dicatat untuknya dengan setiap langkahnya amal satu tahun; pahala puasanya dan shalat malamnya.” (HR. Abu Dawud, Al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan al-Nasai. Syaikh Al-Albani menyatakan haditsnya shahih).

Dari Abu Darda' Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

Siapa mandi pada hari Jum'at, lalu memakai pakaiannya (yang bagus) dan memakai wewangian, jika punya. Kemudian berjalan menuju shalat Jum'at dengan tenang, tidak menggeser seseorang dan tidak menyakitinya, lalu melaksanakan shalat semampunya, kemudian menunggu hingga imam beranjak keluar, maka akan diampuni dosanya di antara dua Jum'at." (HR. Ahmad dalam Musnad-nya)

            Imam Ahmad meriwayatkan dalam Musnad-nya, dari Salman dia berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bertanya kepadaku:

“Apakah kamu tahu hari Jum’at itu?

Aku menjawab:Hari Jum’at adalah hari Allah mengumpulkan Nabi Adam.

Beliau menjawab: Tapi aku mengetahui apa hari jum’at itu. Tidaklah seseorang menyempurnakan bersucinya, lalu mendatangi shalat Jum’at, kemudian diam hingga imam selesai melaksanakan shalatnya, melainkan akan menjadi penghapus dosa antara Jum’at itu dengan Jum’at setelahnya, jika dia menjauhi dosa besar.[1]

Dalam Shahih Al Bukhari, dari Salman Radliyallah 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: “Tidaklah seseorang mandi pada hari jum’at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyaknya atau mengoleskan minyak wangi yang di rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan dengan seksama ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara jum’at tersebut dan jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari).

Artinya bahwa pengampunan dosa dari satu Jum'at ke Jum'at berikutnya memiliki beberapa syarat, yaitu dengan melaksanakan amalan-amalan yang disebutkan dalam hadits, antara lain mandi, membersihkan diri, memakai minyak atau wewangian, memakai pakaian terbagus, berjalan ke masjid dengan tenang dan berjalan kaki, tidak melangkahi dan memisahkan antara dua orang yang duduk bersebelahan, tidak menyakitinya, shalat nafilah sampai imam datang, tidak bicara dan tidak melakukan sesuatu yang sia-sia selama khutbah hingga selesai shalat. Dan masih ada satu syarat lagi, yaitu selama dia tidak melakukan dosa besar di hari itu.

            Kemudian pada hari Jum’at juga terdapat jaminan pengabulan doa baik siang maupun pada malam hari. Namun ada waktu khusus yang istimewa untuk berdoa di hari termulia itu yakni dimulai dari duduknya imam saat akan menyampaikan khutbah sampai selesainya shalat Jum’at. Selain itu juga di penghujung hari Jum’at—setelah Ashar sampai masuk ba’da Maghrib.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radliyallah 'Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

"Sesungguhnya pada hari Jum'at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba Muslim berdiri dan berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya." Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya, yang kami pahami, untuk menunjukkan masanya yang tidak lama (sangat singkat)."***

*Penulis adalah Sekretaris II DKM Baitul Izzah


[1] http://www.voa-islam.com/read/ibadah/2013/03/21/23678/di-hari-jumat-ada-penghapusan-dosa/#sthash.w3InYCHs.dJnaxciE.dpbs

Renungan Jumat Ini

Diterbitkan Oleh:

DEWAN KEMAKMURAN MASJID

BAITUL IZZAH

Sektor Melati Blok D4 Grand Depok City

Depok - Jawa Barat

www.mbi-gdc.or.id

email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Dewan Kemakmuran Masjid Baitul Izzah menerima kiriman artikel/tulisan yang berkaitan dengan tema-tema keagamaan sebagai bahan renungan bagi jamaah Masjid Baitul Izzah