Oleh: Mohammad Hasyim*
Bismillahirrahmanirrahim

Salah satu amal jariyah yang sangat baik kita lakukan adalah membangun masjid. Dalam Islam, sedekah untuk membangun masjid merupakan salah satu jalan menuju surge Allah SWT.

Inilah 13 keutamaan amal jariyah membangun masjid:[1]

1.     Mendapat rumah di surga. Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam bersabda: “Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. IbnuMajah No. 738)

2.     Mendapat balasan yang setimpal. Utsman menyampaikan sabda Nabi SAW: Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari No. 450 dan Muslim No. 533).

3.     Termasuk orang beriman. “Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian.” (QS. At-Taubah Ayat 18)

4.     Amalan utama. Umar bin Khathab pernah berkata: “Sesungguhnya amalan-amalan itu saling membanggakan diri satu sama lain, maka sedekah pun berkata (kepada amalan-amalan lainnya), ‘Akulah yang paling utama di antara kalian’.”

5.     Pahala yang terus mengalir. Rasulullah bersabda: Pahala amalan dan kebaikan yang bakal menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya yakni mushaf yang ia tinggalkan, masjid yang ia bangun, rumah untuk orang yang dalam perjalanan yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, atau sedekah yang ia keluarkan dari hartanya di kala sehat dan hidupnya, maka ia akan bakal menghampirinya sepeninggalnya.

6.     Sebagai naungan di akhirat. Rasulullah bersabda: “Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya, hingga diputuskannya perkara-perkara di antara manusia.”

7.     Memudahkan jalan menuju surga. Allah SWT berfirman, “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang menginfakkan (hartanya).” (Ali ‘Imran: 133)

8.     Mendapatkan pahala berlipat ganda. Allah telah berfirman Perumpamaan (infak yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Al-Baqarah: 261)

9.     Menjauhkan diri dari bencana. Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah mengatakan,  Sesungguhnya sedekah bias memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir (pendosa), zhalim, atau bahkan orang kafir.”

10.  Melapangkan rezeki. Allah SWT berfirman Katakanlah sesungguh-nya Rabbku melapangkan rezeki bagi siapa yang di kehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya’.

11.  Menghapus dosa. Nabi SAW bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“ (HR. At-Tirmidzi)

12.  Memanjangkan umur. Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani)

13.  Mengurangi kepedihan sakaratul maut. Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Sedekah meredakan kemarahan Allah dan menangkal atau mengurangi kepedihan sakaratul maut.”

Wallahualam bissawab***

*Penulis adalah Humas DKM Baitul Izzah

MOHON

DO’A DAN

 DUKUNGANNYA

DEWAN KEMAKMURAN MASJID

BAITUL IZZAH

Sedang Berikhtiar Memperluas Bangunan Masjid agar Lebih Lapang, Nyaman dan Khusuk untuk Beribadah

BANTUAN DAPAT DISALURKAN KE

BANK SYARIAH MANDIRI

NO REK 7130906383

A/N PROYEK PENGEMBANGAN MBI