Oleh: Mohammad Hasyim*

Bismillahirrahmanirrahim

Wahai kaum muslimin, hendaknya kita mengetahui bahwa salah satu nikmat yang harus senantiasa disyukuri adalah nikmat ditundanya ajal dan disampaikannya kita di bulan suci Ramadhan. Jika kita menyadari banyaknya tumpukan dosa yang kita lakukan selama ini, tentu kita berharap agar dapat menjumpai Ramadhan dan mendulang berbagai manfaat di dalamnya.

Bersyukurlah atas nikmat ini karena Allah ta’ala senantiasa melihat kemaksiatan kita sepanjang tahun, tetapi Dia menutupi aib kita dan memaafkan serta menunda kematian kita sampai bisa berjumpa kembali dengan Ramadhan.

Bila kita ingin mendapatkan berkah di bulan suci Ramadhan 1439 H dan juga kita ingin diterima amalnya sekaligus dihapus segala dosanya, maka harus ada bekal yang dipersiapkan sebagaimana difirmankan Allah SWT dalam QS. At-Taubah Ayat 46:

 وَلَوۡ أَرَادُواْ ٱلۡخُرُوجَ لَأَعَدُّواْ لَهُ ۥ عُدَّةً۬ وَلَـٰكِن ڪَرِهَ ٱللَّهُ ٱنۢبِعَاثَهُمۡ فَثَبَّطَهُمۡ وَقِيلَ ٱقۡعُدُواْ مَعَ ٱلۡقَـٰعِدِينَ (٤٦

            “Dan jika mereka mau berangkat, tentulah mereka menyiapkan persiapan untuk keberangkatan itu, tetapi Allah tidak menyukai keberangkatan mereka, maka Allah melemahkan keinginan mereka. dan dikatakan kepada mereka: “Tinggallah kamu bersama orang-orang yang tinggal itu.” (QS. 9:46)

            Dengan demikian jelas ada ketidakjujuran orang-orang yang tidak mempersiapkan bekal untuk berangkat menyambut Ramadhan. Oleh sebab itu, dalam ayat di atas mereka dihukum dengan berbagai bentuk kelemahan dan kehinaan disebabkan keengganan mereka untuk melakukan persiapan.[1]

            Nah, lantas apa saja persiapan kita untuk menyambut Ramadhan? Berikut persiapan-persiapan yang perlu kita lakukan dalam menyambut Ramadhan:[2]

            Pertama, berdoa kepada Allah Subhanahu Wata’ala, sebagaimana yang dicontohkan para ulama. Mereka berdoa agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan karena merupakan nikmat yang besar bagi orang-orang yang dianugerahi taufik oleh Allah SWT.

Kedua, menuntaskan puasa tahun lalu. Sudah seharusnya kita meng-qadha puasa sesegera mungkin sebelum datang Ramadhan berikutnya.

Ketiga, persiapan keilmuan (memahami fikih puasa). Mu’adz bin Jabal r.a berkata: ”Hendaklah kalian memperhatikan ilmu, karena mencari ilmu karena Allah adalah ibadah”.

Kempat, persiapan jiwa dan spiritual. Persiapan yang dimaksud di sini adalah mempersiapkan lahir dan batin untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah agung lainnya di bulan Ramadhan, dengan hati yang ikhlas sesuai petunjuk Rasulullah SAW.

Kelima, persiapan dana (finansial). Sebaiknya aktivitas ibadah di bulan Ramadhan harus lebih banyak ketimbang aktivitas mencari nafkah atau yang lainnya. Oleh sebab itu setiap muslim dianjurkan memperbanyak amal shalih seperti infaq, shadaqah dan ifthar (memberi bukaan).

Keenam, persiapan fisik yaitu menjaga kesehatan. Persiapan fisik agar tetap sehat dan kuat di bulan Ramadhan sangat penting. Kesehatan merupakan modal utama dalam beribadah karena orang yang sehat dapat melakukan ibadah dengan baik.

Ketujuh, menyelenggarakan tarhib Ramadhan. Di samping persiapan secara individual, kita juga hendaknya melakukan persiapan secara kolektif, seperti melakukan tarhib Ramadhan yaitu mengumpulkan kaum muslimin di masjid untuk diberi pengarahan mengenai puasa Ramadhan, adab-adab, syarat dan rukunnya, hal-hal yang membatalkannya atau amal ibadah lainnya.

Abu Hurairah RA berkata: Menjelang kedatangan bulan Ramadhan, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassallam bersabda, Telah datang kepada kamu syahrun mubarak (bulan yang diberkahi). Diwajibkan kamu berpuasa padanya. Pada bulan tersebut pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, syaithan-syaithan dibelunggu. Padanya juga terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang terhalang kebaikan pada malam itu, maka ia telah terhalang dari kebaikan tersebut.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

*Penulis adalah Sekretaris II DKM Baitul Izzah


[1] https://muslim.or.id/4150-persiapkan-diri-menyambut-ramadhan.html

[2] https://www.hidayatullah.com/kajian/gaya-hidup-muslim/read/2013/06/18/4719/delapan-sikap-siapkan-diri-menyambut-ramadhan.html

Diterbitkan oleh:

DEWAN KEMAKMURAN MASJID

BAITUL IZZAH

Sektor Melati Blok D4 Grand Depok City

Depok - Jawa Barat

www.mbi-gdc.or.id email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Dewan Kemakmuran Masjid Baitul Izzah menerima kiriman artikel/tulisan yang berkaitan dengan tema-tema keagamaan sebagai bahan renungan bagi jamaah Masjid Baitul Izzah